RPP BIO

 

 

RPP BIOLOGI Kls IXrpp-ix-11

Kelas

Semester

Alokasi Waktu

:

:

:

IX

Gasal

8 X 40 Menit

 

Standar Kompetensi

:

Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar   

:

2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan,  hasil pewarisan sifat dan penerapannya

Indikator

:

1.        Mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen,kromosom)

2.        Mendeskripsikan hukum pewarisan sifat

3.        Membedakan pengertian sifat resesif,dominan, dan intermediate

4.        Menentukan gamet dari genotipe tetua

5.        Menentukan rasio hasil persilangan monohibrid dan dihibrid melalui bagan

6.        Memprediksi filial pada beberapa contoh pewarisan sifat .

7.        Mengemukakan keuntungan mengem- bangbiakkan tumbuhan dan hewan dengan memperhatikan sifat unggul

 

 

 

 

 

 

 

 

Genetika

Adanya sifat-sifat  yang diwariskan pada keturunannya telah lama diketahui. Seorang petani akan memilih biji kacang yang berukuran besar dan memiliki bentuk bulat untuk digunakan sebagai bibit, memilih hewan pejantan yang besar dan sehat. Apa yang dilakukan petani berusaha memperoleh tanaman atau hewan berkualitas baik sebenarnya merupakan penerapan ilmu genetika melalui seleksi maupun persilangan. Tetapi mereka belum mengetahui bagaimana  proses terjadinya pewarisan sifat.

            Sekitar abad ke XIX Gregor Johann Mendel melakukan penelitian genetika secara sistematis. Dari hasil penelitiannya yang memanfaatkan tanaman ercis sebagai percobaan Mendel dapat menjelaskan bagaimana terjadinya pewarisan sifat. Hasil penelitiannya diumumkan pada tahun 1865, sejak itu ilmu tentang pewarisan sifat (genetika) tumbuh dan berkembang dengan teori-teori yang lebih ilmiah.

 

Gen dan Kromosom 

Setiap makhluk hidup memiliki substansi genetik. Substansi genetik bisa dijumpai pada seluruh sel-sel misalnya pada sel tulang, sel darah maupun sel gamet. Substansi genetik ini yang dikenal sebagai kromosom. Jumlah kromosom tiap jenis organisme bersifat spesifik sehingga dapat digunakan untuk membedakan jenis organisme. Kromosom merupakan faktor pembawa sifat. Kromosom terdapat dalam inti sel (nukleus) dan tersusun atas gen-gen. Gen berperan penting dalam mengatur pertumbuhan atau munculnya  sifat-sifat keturunan. Dapat dikatakan gen merupakan faktor penentu sifat. Dengan demikian makhluk hidup dengan jumlah kromosom sama dapat memiliki sifat yang berbeda.

Tabel 01. Perbandingan jumlah kromosom berbagai organisme

Nama organisme

Jumlah kromosom (2n)

Nama organisme

Jumlah kromosom (2n)

Bawang merah

Jagung

Pepaya

Tomat

Nyamuk

16

20

18

24

6

Ayam

Kucing

Udang

Kuda

Manusia

78

38

254

60

46

 

 

 

 

Gb. Hubungan Kromosom, Gen dan DNA

 

Berdasarkan jumlah perangkatnya kromosom dibedakan menjadi :

a.      Kromosom diploid (2n)

Kromosom diploid adalah kromosom yang masih berpasangan atau terdiri atas dua perangkat. Kromosom diploid terdapat pada sel-sel tubuh (sel somatik). Pada sel tubuh manusia misalnya sel saraf, sel darah dan sel tulang dan sel tubuh lainnya ada 46 kromosom. Pada sel tubuh tumbuhan jagug misalnya sel epidermis, sel xylem dan sel floem  memiliki 20 kromosom dan sebagainya. Kromosom diploid yang terdiri atas dua perangkat (set) sebenarnya merupakan gabungan dari kromosom induk jantan dan betina masing-masing separoh (1 set) yang terdapat dalam sel gamet.

b.      Kromosom haploid (n)

Kromosom haploid adalah kromosom yang hanya  seperangkat saja atau tidak berpasangan lagi. Kromosom haploid hanya memiliki separoh kromosom induknya. Kromosom haploid dimiliki oleh sel gamet (sel kelamin), misalnya serbuk sari jagung hanya memiliki 10 kromosom. Berapa kromosom sel telur ayam?

 

Genotip dan Fenotip

      Seperti diketahui sifat-sifat makhluk hidup ditentukan oleh gen. Sebagai contoh pada diri kita terdapat gen yang mengatur warna rambut, bentuk rambut, bentuk hidung, warna kulit dan sebagainya. Adanya sifat-sifat ini yang disebut dengan sifat beda.

      Susunan gen yang menentukan sifat beda disebut genotip. Genotip tidak dapat diamati dengan panca indra. Sedangkan sifat yang muncul pada individu misalnya warna rambut, bentuk rambut dan rasa buah disebut fenotip. Berbeda dengan genotip yang tidak dapat diamati panca indra, fenotip bisa diamati dengan panca indra. Fenotip yang ada pada individu dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan disamping tentunya oleh faktor susunan gen (genotip).

      Untuk memudahkan kita dalam membuat diagram persilangan, susunan genotip dilambangkan dengan simbol berupa huruf. Setiap satu sifat beda menggunakan satu macam huruf. Sebagai contoh genotip yang mengatur sifat beda perawakan tumbuhan dibedakan atas sifat tinggi TT , maka pasangannya adalah genotip sifat rendah tt. Tentu saja dalam satu individu tidak boleh ada huruf yang sama.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan 1.

MENYUSUN GENOTIP DAN FENOTIP

 

Mari mencoba menyusun genotip dan fenotip

Seorang petani mempunyai dua pohon mangga arumanis yang memiliki sifat  berbeda, selanjutnya disebut mangga A dan mangga B.

Diskusikan dengan temanmu untuk melengkapi tabel berikut dengan ketentuan :

Sifat yang baik dianggap sifat dominan, semua genotip homozigot.

No.

Sifat Beda

Mangga A

Mangga B

Fenotip

Genotip

Fenotip

Genotip

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Perakaran

Batang

Percabangan

Rasa buah

Daging buah

Jumlah buah

Daun

Kokoh

Tinggi

Sedikit

Masam

Tebal

Sedikit

Lebar

……….

……….

……….

……….

……….

……….

……….

Kurang kokoh

Pendek

Banyak

Manis

…………….

Lebat

Sempit

……….

……….

……….

……….

tt

……….

……….

 

Dominan , Resesif dan Intermediet

      Dalam persilangan sering terjadi adanya sifat tertentu yang tidak muncul pada keturunan, atau sebaliknya ada pula sifat yang selalu muncul pada keturunannya. Sifat yang muncul dan mengalahkan/menutupi sifat pasangannya disebut sifat dominan. Sebaliknya sifat yang kalah atau tertutupi oleh sifat pasangannya disebut sifat resesif. Misalnya persilangan tanaman kedelai batang tinggi dengan kedelai berbatang pendek, diperoleh keturunan kedelai batang pendek. Dari persilangan ini dapat diketahui sifat tinggi dominan sedangkan sifat pendek resesif.

      Dalam menyusun genotip menggunakan lambang huruf, sifat dominan menggunakan huruf besar, sedangkan sifat resesif menggunakan huruf kecil. Sebagai contoh dari persilangan diatas berarti genotip sifat tinggi TT karena tinggi merupakan sifat dominan sedangkan pendek tt karena resesif, susunan gen seperti ini disebut homozigot. Jika genotip penyusun berupa pasangan Tt atau  Aa disebut heterozigot.

      Dalam persilangan kadang dijumpai sifat keturunan berbeda dengan kedua sifat induknya, atau merupakan perpaduan kedua sifat induknya. Sebagai contoh persilangan bunga warna merah dengan bunga warna putih diperoleh keturunan tanaman dengan bunga warna merah muda. Persilangan seperti ini disebut intermediet.

1.       Siapakah ilmuwan yang pertama kali menyelidiki tentang pewarisan sifat?

2.       Jelaskan yang dimaksud dengan kromosom dan gen!

3.       Apa yang dimaksud dengan kromosom haploid dan kromosom diploid ?

4.       Jika suatu organisme memiliki kromosom sebanyak 32, berapa kromosom pada sel tubuhnya ? Berapa kromosom pada sel gametnya ?

5.       Apa yang dimaksud dengan sifat intermediet ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan 2.

SIFAT DOMINAN DAN RESESIF

 

Tujuan :

v      Memahami terjadinya penurunan sifat orang tua kepada keturunannya.

v      Memahami sifat dominan dan resesif.

v      Memahami adanya variasi dalam kelompok/populasi.

 

Urutan Kerja :

  1. Amati ciri-ciri ke dua orang tuamu, masukkan datanya pada tabel pengamatan pada kolom yang sesuai dengan memberi tanda cawang ( Ö ).
  2. Bersama kelompokmu, amati ciri-ciri pada masing-masing anggota kelompok termasuk diri sendiri, jangan lupa menulis nama  pada kolom kelompok.
  3. Masukkan data ciri diri sendiri ke nomor 1 dan anggota kelompokmu ke nomor 2, 3 dan 4  dengan cara memberi tanda cawang ( Ö ) pada kolom yang sesuai.

 

Tabel Pengamatan :

No.

Ciri-ciri yang diamati

Keluarga / Kelompok

Ayah

Ibu

1

2

3

4

…….

…….

…….

…….

1.

Rambut

·         Lurus

 

 

 

 

 

 

·         Tidak lurus

 

 

 

 

 

 

2.

Bentuk wajah

·         Bulat

 

 

 

 

 

 

·         Oval

 

 

 

 

 

 

3.

Mata

·         Lebar

 

 

 

 

 

 

·         Sempit

 

 

 

 

 

 

4.

Daun telinga

·         Bercuping

 

 

 

 

 

 

·         Tidak bercuping

 

 

 

 

 

 

5.

Ibu jari

·         Bengkok

 

 

 

 

 

 

·         Lurus

 

 

 

 

 

 

6.

Lidah

·         Dapat digulung

 

 

 

 

 

 

·         Tidak dapat

 

 

 

 

 

 

7.

Lesung pipi

·         Ada

 

 

 

 

 

 

·         Tidak ada

 

 

 

 

 

 

8.

Hidung

·         Mancung

 

 

 

 

 

 

·         Pesek

 

 

 

 

 

 

9.

Lubang hidung

·         Segi tiga

 

 

 

 

 

 

·         Bulat

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan :

1.  Apa yang dimaksud dengan sifat dominan ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………….………………………………………………

2. Dari tabel keluarga diatas ( ayah, ibu dan anak (1)) , sifat apa saja yang merupakan sifat dominan?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

3. Apa yang dimaksud dengan sifat resesif ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

4. Dari tabel keluarga diatas ( ayah, ibu dan anak (1)) , sifat apa saja yang merupakan sifat resesif ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

5.      Dalam kelompokmu sifat apa saja yang paling sering muncul ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

6.      Dalam kelompokmu sifat apa saja yang paling jarang muncul ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

7. Dalam kelompokmu adakah yang mempunyai sifat sama persis ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

8. Kesimpulan apa yang dapat diambil dari kegiatan diatas ?

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

……………………………………………………………………………………………………………………..…

 

 

PERSILANGAN MONOHIBRID

           

 

Persilangan monohibrid adalah persilangan yang hanya memperhatikan satu sifat beda saja. Dalam hal ini sifat beda yang lain diabaikan atau tidak diperhatikan. Sebagai contoh pada persilangan pohon mangga kita hanya memperhatikan rasa buah tanpa memperhatikan sifat beda yang lain.

  

 

Gb. Sifat beda pada tanaman ercis yang digunakan

pada percobaan Mendell

 

a. Monohibrid Dominasi

Persilangan monohibrid dominasi memiliki ciri-ciri akan diperoleh keturunan dengan sifat seragam atau memiliki sifat sama dengan salah satu induknya. Persilangan ini dilakukan dengan menggunakan galur murni, yaitu individu yang memiliki sifat tetap (ajeg) walaupun sudah disilangkan berkali-kali.

Seperti disebutkan bahwa Mendel melakukan percobaan pada tanaman ercis. Mendel mencoba persilangan dengan memperhatikan satu sifat beda yaitu tinggi tanaman ercis. Setelah diperoleh galur murni tanaman ercis batang tinggi dan galur murni tanaman ercis batang pendek, kemudian dilakukan persilangan antar keduanya.

Persilangan yang dilakukan Mendel memperoleh hasil yang menarik, semua keturunannya (filial 1) berbatang tinggi. Atas dasar itu Mendel menyatakan sifat tinggi pada tanaman ercis sebagai sifat dominan, karena sifat tinggi menutupi sifat pendek. Sebaliknya sifat pendek dinyatakan sebagai sifat resesif. Mendel melanjutkan percobaan dengan melakukan persilangan  keturunan pertama (F1) dengan sesamanya. Ternyata diperoleh keturunan kedua (F2) tanaman ercis batang tinggi dan ercis batang pendek. Atas dasar hasil percobaan persilangan yang dilakukan berulang kali, Mendel menemukan kesamaan bahwa pada turunan kedua (F2) jumlah tanaman ercis batang tinggi berbanding tanaman ercis batang pendek adalah 3 : 1. Untuk lebih jelasnya perhatikan bagan persilangan berikut.

 

P  (induk)            :        Tanaman ercis                 X                 Tanaman ercis

                                       batang tingi                                       batang pendek              

                                              TT                                                        tt

G (sel kelamin)   :                   T                            ;                             t

 

F1 (turunan pertama)                                          Tt

                                                       Tanaman ercis batang tinggi

 

Jika F 1 disilangkan sesamanya

P  (induk)            :        Tanaman ercis                 X                 Tanaman ercis

                                       batang tingi                                         batang tinggi                

                                              Tt                                                        Tt

G (sel kelamin)   :               T dan t                        ;                        T dan t

 

F2 (turunan kedua)

      

 

T

T

T

TT

Batang tinggi

Tt

Batang tinggi

t

Tt

Batang tinggi

Tt

Batang pendek

 

Dari diagram papan catur diatas diperoleh perbandingan :

·         Perbandingan genotip    = TT : Tt : tt

                                             =   1  :  2  :  1

 

·         Perbandingan fenotip     = Batang tinggi : batang pendek

                                             =            3          :          1

 

b. Monohibrid Intermediet

Persilangan monohibrid intermediet memiliki ciri-ciri akan diperoleh keturunan yang memiliki sifat berbeda dengan kedua induknya atau memiliki sifat yang merupakan campuran sifat kedua induknya. Adanya sifat dominan maupun resesif tidak dijumpai dalam persilangan intermediet. Dalam persilangan monohibrid intermediet pada F2 akan diperoleh perbandingan genotip maupun fenotip ; 1 : 2 : 1. Untuk lebih jelasnya perhatikan skema persilangan berikut :

 

P  (induk/parental)    :       Tanaman bunga                   X                   Tanaman bunga

                                              Warna merah                                           warna putih                 

                                                   MM                                                            mm

G (sel kelamin)         :                   M                               ;                               m

 

F1 (turunan pertama)                                                  Mm

                                                               Tanaman bunga merah muda

 

Jika F1 disilangkan sesamanya, maka :

P  (induk/ parental)   :       Tanaman bunga                   X                   Tanaman bunga

                                            Merah muda                                              merah muda                

                                                   Mm                                                            Mm

G (sel kelamin)         :             M dan m                          ;                          M dan m

 

F2 (turunan kedua)

      

 

M

m

M

MM

Merah

Mm

Merah muda

m

Mm

Merah muda

mm

putih

 

Dari diagram papan catur diatas diperoleh perbandingan :

·         Perbandingan genotip    = MM : Mm : mm

                                             =   1   :  2     :  1

·         Perbandingan fenotip     = Merah : merah muda  : putih

                                             =     1     :         2             :   1

 

1.       Apakah yang dimaksud dengan sifat Dominan dan sifat Resesif ?Jelaskan !

2.       Bagaimanakah ciri-ciri persilangan inter mediet ?

3.       Disilangkan jagung biji putih bergenotip kk dengan jagung biji kuning bergenotip KK, tentukan genotip dan fenotip keturunannya ! 

4.       Disilangkan marmut bulu hitam bergenotip Hh dengan marmut bulu putih resesif, diperoleh keturunan sebanyak 6 ekor. Tentukan berapa jumlah yang berbulu hitam dan yang berbulu putih!

5.       Persilangan bunga merah muda (Mm) dengan sesamanya diperoleh keturunan sejumlah 36. Tentukan berapa jumlah yang merah, merah muda dan yang putih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan 3.

MENENTUKAN PERBANDINGAN GENOTIP DAN FENOTIP

PADA PERSILANGAN MONOHIBRID

 

Apa yang diperlukan ?

1.      Kertas tebal.

2.      Paku.

3.      Spidol.

Apa yang akan dipelajri?

Kalian diharapkan dapat menentukan perbandingan genotip dan fenotip pada persilangan monohibrid.

Bagaimana urutan kegiatannya?

1.      Buatlah baling-baling genetika sebanyak 2 buah dengan ukuran daun baling-baling 9 x 3 cm.

2.      Pasanglah baling-baling genetika pada meja dengan menggunakan paku sehingga sehingga dapat berputar bebas.

3.      Buatlah garis bantu berupa garis lurus antar kedua paku.

4.      Tuliskan macam gamet pada tiap sisi daun baling-baling genetika dari perilangan antara kacang ercis biji bulat (Bb) dengan sesamanya. Masing-masing baling-baling genetika dianggap induk jantan dan induk betina.

5.      Putarlah baling-baling genetika dengan arah dan kekuatan secara acak/tidak beraturan.

6.      Setelah berhenti amati gamet yang paling berhimpit dengan garis bantu dan dianggap sebagai hasil persilangannya.

7.      Lakukan hal diatas sebanyak 40 kali, masukkan datanya pada tabel pengamatan.

 

 

Tabel 1 ; Hasil percobaan monohibrid dominasi

No.

Macam Genotip

Macam Fenotip

Jumlah

1.

2.

3.

BB

Bb

bb

…………………………….

…………………………….

…………………………….

………….

………….

………….

 

Lakukan seperti kegiatan diatas dengan persilangan monohibrid intermediet antara bunga merah muda (Mm) dengan sesamanya. Bunga merah muda (Mm) merupakan hasil persilangan antara bunga warna merah (MM) dengan bunga putih (mm).

Tabel 2 ; Hasil percobaan monohibrid intermediet

No.

Macam Genotip

Macam Fenotip

Jumlah

1.

2.

3.

MM

Mm

mm

…………………………….

…………………………….

…………………………….

………….

………….

………….

 

Pertanyaan :

1. Apa yang dimaksud dengan genotip?

2. Bagaimanakah hasil perbandingan genotip dari :

a. persilangan monohibrid dominasi (tabel 1) ?

Data kelompok : ………………………………………………………

Data kelas : …………………………………………………………….

(Data kelas merupakan data rata-rata dari seluruh kelompok di kelasmu)

b. persilangan monohibrid intermediet (tabel 2)?

Data kelompok : ………………………………………………………

Data kelas : …………………………………………………………….

3. Apa yang dimaksud dengan fenotip ?

4. Bagaimanakah hasil perbandingan fenotip dari :

a. persilangan monohibrid dominasi (tabel 1) ?

Data kelompok : ………………………………………………………

Data kelas : …………………………………………………………….

b. persilangan monohibrid intermediet (tabel 2)?

Data kelompok : ………………………………………………………

Data kelas : …………………………………………………………….

5. Kesimpulan apa yang dapat diambil dari persilangan monohibrid diatas ?

……………………………………………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………………………………………..

PERSILANGAN DIHIBRID

   Persilangan dihibrid merupakan persilangan yang hanya memperhatikan dua sifat beda saja, sementara sifat beda yang lain diabaikan. Persilangan dihibrid juga pertama kali dikemukakan oleh Mendell. Dalam percobaan yang dilakukan sama seperti pada monohibrid yaitu menggunakan tanaman kacang ercis. Ada dua sifat beda yang diteliti yaitu bentuk biji dan warna biji.

   Sifat beda bentuk biji meliputi ercis bentuk biji bulat dan biji keriput, sedangkan sifat beda warna biji meliputi ercis warna biji kuning dan warna biji hijau. Mendell menyilangkan kacang ercis biji bulat warna kuning dengan ercis biji keriput warna hijau. Kedua induk sudah merupakan galur murni homozigot. Dari persilangan ini Mendell menemukan perbandingan fenotip yang menarik pada F 2 nya, yaitu ercis biji bulat warna kuning ; bulat hijau ; keriput kuning ; keriput hijau adalah 9 : 3 : 3 : 1. Untuk lebih jelasnya perhatikan bagan persilangan dihibrid berikut ini.

 

P  (induk)                     :              Tanaman ercis                 X                 Tanaman ercis

                                           Berbiji bulat warna kuning                   berbiji keriput warna hijau               

                                                          BBKK                                                  bbkk

 

G (sel kelamin)            :                        BK                           ;                            bk

 

 

F 1(turunan pertama)  :                                                    BbKk

                                                               Tanaman ercis berbiji bulat warna kuning

 

Jika F 1 disilangkan sesamanya maka :

 

P  (induk)            :                   Biji bulat                   X                         Biji bulat

                                           Warna kuning                                      warna kuning                     

                                                 BbKk                                                  BbKk

 

G (sel kelamin)   :           BK, Bk, bK dan bk            ;                  BK, Bk, bK dan bk

 

F2 (turunan kedua)

 

      

 

BK

Bk

bK

bk

BK

BBKK

Bulat kuning

BBKk

Bulat kuning

BbKK

Bulat kuning

BbKk

Bulat kuning

Bk

BBKk

Bulat kuning

BBkk

Bulat hijau

BbKk

Bulat kuning

Bbkk

Bulat hijau

bK

BbKK

Bulat kuning

BbKk

Bulat kuning

bbKK

keriput kuning

bbKk

keriput kuning

bk

BbKk

Bulat kuning

Bbkk

Bulat hijau

bbKk

keriput kuning

bbkk

keriput hijau

 

Dari diagram papan catur diatas (F2) diperoleh

·         Perbandingan fenotip :  

= bulat kuning  : bulat hijau  : keriput kuning : keriput hijau

 

                        =           9          :         3        :          3             :           1

 

 

 

 

 

 

Kegiatan 4.

Agar lebih memahami tentang persilangan dihibrid, lakukan kegiatan berikut ini :

 

1. Bekerja dalam kelompok diskusi

2. Tulis hasil diskusi dalam buku tugasmu.

3. Baca dan pahami informasi persilangan berikut.

Anto menyilangkan lalat buah Drosophila melanogaster jantan bertubuh kuning mata merah dengan lalat betina bertubuh hitam mata coklat. Sifat warna tubuh kuning dominan terhadap hitam dan sifat warna mata merah dominan terhadap coklat. Persilangan tersebut diteruskan sampai menghasilkan turunan kedua (F2).

4. Tuliskan bagan persilangan lengkap dengan fenotip dan genotipnya.

5. Sifat beda apa yang muncul pada turunan pertama (F1) ?

6. Sifat beda apa saja yang muncul pada turunan kedua (F2) ? Sebutkan masing-masing sifat beda yang muncul berikut perbandingannya.

7. Serahkan hasil diskusi pada guru.

 

Kegiatan 5.

 

Rekreasi          Biologi

Untuk lebih memahami simbol dan istilah dalam pewarisan sifat

 

 

Pertanyaan :

 


Mendatar :

1.      Pasangan gen yang tidak sama

4.      Organisme yang memiliki kromosom berjumlah 24.

5. Sifat yang muncul pada organisme dan dapat diamati panca indra.

6.  Persilangan dimana sifat keturunan merupakan percampuran sifat kedua induknya.

8. Sesuatu yang mempunyai kromosom separuh induknya.

11. Organisme yang dalam gametnya memiliki 23 kromosom.

12. Persilangan satu sifat beda.

Menurun :

1. Penyakit keturunan berupa darah sukar membeku.

2. Satuan-satuan kecil yang merupakan faktor penentu sifat.

3. Susunan gen yang mempengaruhi sifat individu.

7. Benang-benang halus dalam inti sel yang merupakan faktor pembawa sifat.

9. Sifat yang dikalahkan

10. Organisme yang memiliki romosom sejumlah 38


 

 

 

 

 

 

Penerapan Genetika

 

Peristiwa pewarisan sifat sesuai hukum Mendell juga dapat ditemukan pada manusia. Hal ini sudah sesuai dengan kegiatan di depan tentang sifat dominan dan resesif dalam sebuah keluarga. Sebagai contoh sifat lidah dapat menggulung, adanya lesung pipi dan telinga bercuping.

Ilmu genetika juga dimanfaatkan dalam bidang pertanian maupun peternakan. Hal ini sudah lama dilakukan oleh para petani dalam usaha memperoleh bibit unggul. Sebagai contoh, tanaman berakar kuat tetapi berbuah sedikit disilangkan dengan tanaman berakar lemah berbuah lebat. Diharapkan dari persilangan ini diperoleh tanaman dengan sifat akar kuat dan berbuah lebat. Pemanfaatan genetika selain dalam usaha memperoleh bibit unggul adalah untuk mendeteksi adanya penyakit menurun dan mengetahui jenis kelamin.

1.      Penentuan jenis kelamin.

Seperti diketahui manusia memiliki 46 kromosom atau 23 pasang, meliputi 22 pasang kromosom tubuh (autosom) dan1 pasang kromosom kelamin (kromosom seks). Kromosom seks inilah yang akan menentukan jenis kelamin pada kita, kromosom seks XX akan menjadi wanita sedangkan XY akan muncul sifat pria.

 

Genotip

Fenotip

XX

XY

Wanita

Laki-laki

 

2.       Penentuan golongan darah

Golongan darah ditentukan oleh ada tidaknya antigen-antibodi dalam darah seseorang. Pada seseorang memiliki sepasang alela yang bertanggung jawab atas golongan darahnya. Gen A akan menghasilkan antigen A, gen B akan menghasilkan antigen B dan gen O tidak menghasilkan antigen. Gen-gen ini terletak di otosom, yang disimbulkan I yang berasal dari istilah isohemaglutinogen, dan tiga alela itu disimbolkan IA , IB , IO. Alela A dan B sama-sama dominan dan O resesif.

 

Genotip

Fenotip

IA IA

IA IO

IB IB

IB IO

IA IB

IO IO

Golongan darah A

Golongan darah A

Golongan darah B

Golongan darah B

Golongan darah AB

Golongan darah O

 

Latihan :

Seorang pria golongan darah A menikah dengan wanita golongan darah B. Mungkinkah mereka dikaruniai anak bergolongan darah O ? Jelaskan jawabanmu dengan membuat bagan persilangan!

3.      Buta warna

Buta warna merupakan kelainan dimana seseorang tidak dapat melihat atau membedakan warna-warna tertentu. Penderita buta warna merah hijau tidak mampu membedakan warna merah dan hijau. Gen buta warna bersifat resesif dan terpaut pada kromosom seks X, sehingga ada lima kemungkinan genotipnya.

Genotip

Fenotip

XC XC

XC Xc

Xc Xc

XC Y

Xc Y

Wanita normal

Wanita normal carrier

Wanita buta warna

Pria Normal

Pria Buta warna

Latihan :

Seorang pria buta warna menikah dengan wanita normal carrier. Tentukan prosentase kemungkinan anaknya yang buta warna! Jelaskan jawabanmu dengan membuat bagan persilangan!

4.      Hemofili

Hemofili merupakan kelainan yang menyebabkan darah sukar membeku apabila terluka, hal ini terjadi karena tidak ada faktor pembeku darah. Seperti pada buta warna gen hemofili juga bersifat resesif dan terpaut pada kromosom seks X. Walaupun secara genotip dapat dimungkinkan adanya wanita hemofili tetapi kita tidak menjumpai wanita penderita hemofili karena gen nya bersifat letal jika muncul homozigot resesif. Gen letal adalah gen yang menimbulkan kematian, pada kasus hemofili bayi sudah meninggal dalam kandungan.

 

Genotip

Fenotip

XH XH

XH Xh

Xh Xh

XH Y

Xh Y

Wanita normal

Wanita normal carrier

Wanita hemofili (bersifat letal)

Pria Normal

Pria hemofili

 

Kelainan genetik pada manusia disamping buta warna dan hemofili antara lain adalah epilepsi, diabetes melitus, albino maupun jari lebih (poli daktil). Untuk menghindari bertambahnya penderita kelainan genetik dapat dengan melakukan upaya antara lain : mencegah perkawinan antar keluarga dekat (mempunyai hubungan darah), perlu mengetahui riwayat keluarga calon pasangannya ada tidaknya yang menderita kelainan genetik dan  satu hal adalah memberi pengertian  suatu pasangan yang memiliki kelainan genetik, untuk bersikap bijaksana dalam hal keinginan mempunyai anak. Hal ini dilakukan karena adanya kemugkinan anak mereka akan memiliki kelainan genetik.

 

 

 

I.        Pilihlah satu jawaban yang paling tepat,  dengan melingkari huruf di depannya !

 


1.      Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat adalah……

a.      genetika           c. hibridasi

b.      genotip            d. Fenotip

 

2.      Perhatikan pernyataan berikut!

1)     gen menentukan sifat pada suatu individu yang diwariskan pada keturunannya

2)     kromosom menentukan sifat yang diwariskan pada keturunan­nya   

3)     gen merupakan satuan-satuan kecil penyusun kromosom

4)     gen merupakan kumpulan kromosom-kromosom

Pernyataan di atas yang merupakan pengertian gen adalah . . ..

a.      1) dan 3)                   c. 2) dan 4)

b.      1) dan 4)                   d..3) dan 4)

 

3.      Sifat yang muncul pada individu dan dapat diamati dengan panca indra disebut….

a.      dominan                   c. genotip

b.      resesif                      d. Fenotip

 

4.      Bila suatu organisme memiliki kromosom diploid sebanyak 48, maka jumlah kromosom haploidnya adalah…….

a.      48 pasang                c. 24 pasang

b.      48 buah                    d. 24 buah

 

5.      Ilmuwan yang pertama kali mengemukakan teori pewarisan sifat adalah …

a.      Charles Darwin

b.      Carollus Linaeus

c.      G J Mendell

d.      La Mark

 

6.      Persilangan antara kacang biji bulat (Bb) dengan sesamanya akan diperoleh keturunan kacang biji keriput sebanyak….

a.      75 %                         c. 25 %

b.      50 %                         d. 15 %

 

7.      Berikut ini yang bukan alasan Mendell memilih kacang ercis sebagai obyek penelitiannya adalah…….

a.      cepat menghasilkan keturunan          

b.      memiiki bunga kupu-kupu

c.      mudah disilangkan     

d.      sifat beda menyolok

 

8.      Kelinci bulu hitam (AA)  disilangkan dengan kelinci bulu abu-abu (Aa) intermedier, maka akan diperoleh keturunan ………..

a.      100 % hitam   

b.      100 % abu-abu           

c.      50 % hitam, 50 % abu-abu    

d.      75 % hitam, 25 % abu-abu

 

9.      Disilangkan tanaman mangga berbuah manis dengan mangga berbuah masam (rasa manis bersifat dominan). Keturunan pertama (F1) semua berbuah manis. Genotip parentalnya adalah . . . .

a.      MM dan mm             c. Mm dan mm.

b.      Mm dan Mm             d. mm dan mm

 

10.  Sepasang kambing disilangkan, dari persilangan diperoleh keturunan kambing berbulu hitam 2 ekor, berbulu putih 2 ekor. Jika hitam dominan terhadap putih kemungkinan genotip induknya adalah…

a.      HH dan hh       c. Hh dan Hh

b.      Hh dan hh        d. HH dan pp

 

11.  Pohon mangga A berciri : buah manis dan berdaging tebal. Mangga B berciri : buah masam dan berdaging tipis. Dari persilangan mangga A dan B diperoleh tanaman mangga C dengan ciri : buah manis dan berdaging tebal. Dari persilangan diatas dapat diketahui bahwa mangga C mendapatkan kromosom………

a. 75 % dari A dan 25 % dari B                   

b. 25 % dari A dan 75 % dari B

c. 50 % dari A dan 50 % dari B

d. 100 % dari A

 

12.  Sifat manis dominan terhadap masam. Penulisan genotip manis heterozigot berikut yang benar adalah……

a. MM                        c. Mm

b. mm                       d. mM

 

13.  Persilangan intermedier antara bunga merah muda (Mm) dengan sesamanya diperoleh keturunan sebanyak 40, dengan perincian :

a.      merah 30, putih 10     

b.      merah muda 10, merah 20, putih 10

c.      merah 10, merah muda 20, putih 10 

d.      merah muda 30, putih 10

 

14.  Persilangan intermedier memiliki ciri antara lain

a.      sifat keturunan sama dengan sifat salah satu induknya

b.      sifat keturunan merupakan perpaduan sifat kedua induknya

c.      sifat keturunan seragam

d.      sifat keturunan ada yang resesif

 

15.  Persilangan antara jagung biji sedang (Bb) intermedier dengan sesamanya diperoleh keturunan jagung biji kecil sebanyak 30. Maka jumlah keturunan yang biji besar sebanyak …

a.      10                             c. 60

b.      30                             d. 120

 

16.   Perhatikan papan catur hasil persilangan dihibrid berikut inil

 

 BK

Bk

bK

bk

BK

BBKK 1

BBKk 2

BbKK 3

BbKk 4

Bk

BBKk  5

BBkk 6

BbKk 7

Bbkk 8

bK

BbKK 9

BbKk 10

bbKK 11

bbKk 12

Bk

BbKk 13

Bbkk 14

bbKk 15

bbkk 16

 

Nomor-nomor yang memiliki fenotip sama adalah . . . .

a.      1,2, dan 6                 c. 6, 8, dan 14

b.      1, 5, dan 6                d.6, 11, dan 16

 

17.   Perbandingan fenotip = 1 : 2 : 1 pada F2 ditemukan pada persilangan monohibrid yang bersifat ….

a.      intermediet              

b.      resesif

c.      dominan         

d.      intermedier dan dominan

 

18.  Persilangan antara DDKK >< ddkk menghasilkan keturunan dengan genotip. ….

a. DDKK                   c..DdKk

b. Ddkk                     d. .DDkk

 

19.  Persilangan antara mangga manis berdaging tebal (MmTt) dengan mangga masam tipis, akan diperoleh keturunan dengan perbandingan fenotip…..

a. 9 : 3 : 3 : 1             c. 1 : 2 : 1

b. 1 : 1 : 1 : 1             d. 3 : 1

 

20.  Kelainan genetik berupa darah sukar membeku dikenal dengan istilah……

a. albino                    c. epilepsi

b. hemofili                 d. polidaktil


 

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1.      Kromosom sebagai faktor pembawa sifat keturunan terletak di dalam……..

2.      Sifat yang muncul pada individu dan dapat diamati panca indra disebut…….

3.      Fenotip sangat dipengaruhi faktor……………. dan …………………..

4.      Kode P pada persilangan merupakan singkatan dari …………………. yang artinya……….

5.      Genotip dari jenis kelamin wanita adalah………..

6.      Jika suatu individu memiliki 16 kromosom maka sel kelaminnya memiliki……… kromosom.

7.      Kromosom yang masih berpasangan disebut kromosom……………

8.      Individu yang memiliki keturunan dengan  sifat yang sama  walau disilangkan berkali-kali disebut……….

9.      Pasangan gen yang memiliki pengaruh terhadap sifat yang sama disebut……….

10.  Jika H melambangkan bulu hitam maka sifat bulu putih dilambangkan dengan…….

 

III. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan singkat dan benar !

1.      Jelaskan pengertian  sifat dominan dan sifat resesif !

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

2.       Bagaimanakah perbedaan persilangan dominasi dan intermediet tentang :

a. sifat kedua induknya

b. fenotip keturunan pertama

c. perbandingan fenotip pada F2, jika F1 disilangkan sesamanya!

 …………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

3.      Perkawinan antar keluarga dekat sebaiknya dihindari, mengapa demikian?

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

4.      Tentukan kemungkinan gamet dari individu bergenotip AaBbKk !

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

5.      Disilangkan antara kelinci bulu putih telinga lebar (hhLL) dengan kelinci bulu hitam telinga kecil (HHll). Jika sifat bulu hitam dan telinga lebar adalah dominan, buatlah diagram persilangannya sampai F2! Bagaimana perbandingan fenotipnya?

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………….

KKM

Nilai

Paraf Guru

Paraf Orangtua

 

 

……………………

Tuntas/

Belum tuntas

 

 

 

3 tanggapan

30 11 2010
dian mistery

maaaaaaaaaaantabbbbbb……..!!!!

29 09 2011
Andri Maulidi

ada yg lainnya ndak pak?

3 11 2012
ani kharisatun

jika adik anda menikah dengan saudara sepupu anda,bagaimana hub dg teori penurunan sifat??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: